Sai Batin

Sai Batin

Sai Batin

Sai Batin Kedau Rakyat

Sai Batin Kedau Harkat

Sai Batin Kedau Derajat

Sai Batin Kedau Adat

Sai Batin mejaung de hejaungan

Sai Batin nyeceng pamanuhan

Lampung Barat, Lampung, Indonesia
Tahun 1989, Pangeran Edward Syah Pernong dinobatkan sebagai Sai Batin Kepaksian Pernong, dengan gelar Sultan Pangeran Raja Selalau Pemuka Agung Dengian Paksi yang Dipertuan Sekala Beghak XXIII

11/12/08

Hijrah Ke Jogja


Jogja, itu punya kenangan besar, membangun watak dan kejuangan. Menempuh pendidikan sekaligus menempa pergaulan lintas budaya di tengah masyarakat yang majemuk. Itu hebatnya Jogja,” kata Pangeran Edward.

Ketika SMA, Pangeran Edward sakit dan memeriksakan diri ke Rumah Sakit Tentara Tanjung Karang. Di rumah sakit itu ia diperiksa seorang dokter muda, Mayor Onggo namanya. Pangeran Edward tetarik melihat dokter itu, masih muda sudah menjadi perwira gagah dan sehat. Melihat itu tergeraklah hati Pangeran Edward untuk menjadi tentara, di samping itu darah pejuang cukup kental mengalir di tubuh Pangeran.
Setamat SMA, Pangeran Edward mengikuti tes di UGM. Dan kemudian diterima di Fakultas Hukum UGM. Di Yogya inilah Pangeran Edward mulai mengetahui kalau ingin menjadi perwira tentara harus ditempuh melalui pendidikan di AKABRI. Namun, ia sudah terlanjur kuliah di UGM. Apa yang sudah terjadi tetap dijalani, meski dalam hati masih ingin menjadi tentara, cita-cita yang tetap menyala-nyala. Maka tak heran bila pilihannya untuk aktif di dunia kemahasiswaan jatuh pada Resimen Mahasiswa, Men Mahakarta Batalyon I UGM. Di resimen ini ia mulai mencicipi latihan dasar kemiliteran.
Kegiatan latihan militer, search and rescue, terjun payung, dan mendaki gunung menjadi kegiatan yang ditunggu-tunggu karena membawa kegembiraan baginya. Bahkan instruktur latihan pun amat dikenalinya. Ia masih ingat, komandan pusat latihan militer di Klaten waktu itu dipimpin Letkol Inf Tuswandi. “Mungkin karena anak tentara, jadi cita-cita untuk jadi tentara sangat kuat. Mungkin karena punya darah petarung, maka punya nyali buat berkelahi,” katanya bergurau.
Selama menjadi mahasiswa di Jogja, Pangeran Edward tinggal di daerah Baciro. Waktunya tidak hanya dihabiskan di kelas perkuliahan, tapi juga banyak bergaul dengan masyarakat setempat dan orang-orang yang datang dari berbagai penjuru tanah air. Guna mendukung cita-citanya menjadi tentara dan meneruskan hobi sejak kecil, Pangeran Edward terus belajar silat di Jogja. Awalnya ia belajar beladiri moderen, Kempo. Tetapi karena sering berkelahi di luaran, perguruan Kempo tempatnya berlatih menskors-nya. Menurut kesaksian kawan kuliahnya, Pangeran Edward berlatih bela diri bukan hanya di tempat latihan, tetapi juga di kost. Setiap pagi dan malam, Pangeran Edward menempa kemampuan bela dirinya.
Suatu masa dimana sepak terjang gali (gabungan anak liar)–preman, sedang marak di Jogja. Kala itu, di kalangan anak muda Jogja sedang tren “meguru” cari katosan. Pangeran Edward pun iseng-iseng belajar olah kanuragan dan kesaktian kepada mBah Joyo di lereng Gunung Sumbing Temanggung. Sejumlah laku dalam tradisi Jawa, seperti puasa dan bertapa dikaji, bahkan rapal-rapal khas Jawa pun pernah didengar dari mBah Joyo dan murid-muridnya. Pangeran Edward menjelajah dunia ini sebagai luapan rasa ingin tahunya yang besar terhadap khazanah budaya lokal, khazanah budaya Jawa. “Ah, itu kan iseng, ingin nyoba, main-main aja sama yang begitu-begitu. Benar-benar bisa sakti atau tidak? Jangan-jangan hanya trik. Saya kan menjauhi yang syirik. Apa kata mBah Joyo? mBah Joyo bilang, itu ada laku wengi sejati kalau puasa sehari semalam, kalau nglakoni dua hari dua malam, namanya kerik waja, anti tusuk, kalau 7 hari tujuh malam itu sang windu kencana, kalau empat puluh hari namanya wali sejati, tidak mempan senjata. Semula saya hanya ingin melihat, diantar sama Kang Suwar, dulu tukang reparasi jam di Tejokusuman. Saya penasaran saja melihat Mas Cukit di dekat Toko Bunga Taman Garuda, tidak mempan ditusuk senjata tajam. Kata Kakek, yang begitu-begitu itu bidah dan syirik. Semula saya hanya melihat-lihat bagaimana orang-orang itu menempa rasa percaya dirinya.”
Itulah sebabnya, semasa di Jogja, Pangeran Edward dikenal luas di kalangan gali, bahkan beberapa kali terlibat dalam konflik fisik dengan beberapa kelompok di antara mereka. “Entah karena apa, semua tidak berkembang jadi tawuran massal, berakhir dengan semacam ‘kesepakatan damai’ khas anak-anak geng. Ada saling pengertian. Biasalah, darah muda,” kata Pangeran Edward sambil tertawa dan menyelipi cerita suatu peristiwa tegang yang membuat seorang gali terkencing-kencing.
Ia juga berkesempatan menyelisik lorong-lorong sisi keras kehidupan para gali. “Kalau berurusan dengan mereka itu karena saya harus membela kawan yang teraniaya dan tertekan, didzalimi, diperas. Yang begitu-begitu perlu dibela, di antaranya lewat perlawanan.”
Di Jogja itu pula Pangeran Edward mempunyai ayah angkat orang Sulawesi, Pak Bakri mantan pemberontak yang punya ilmu juga. Bersama Letkol Tui dari Mandar, Pangeran Edward banyak berdiskusi mengenai olah kanuragan itu. Ketika remaja itu pula ia terinspirasi film laga yang dibintangi Bruce Lee. Dalam salah satu dialognya, guru Bruce Lee bilang, “ ... binalah dirimu untuk menghadapi hal-hal mendadak.” Kata-kata itu memberinya dorongan untuk selalu memiliki kesemaptaan fisik yang prima. Sehat jasmani.
Upaya menjaga kebugaran tubuh memang telah menjadi kebiasaannya sejak kecil. Ia selalu ingat pesan kakeknya, “ ... siagakan selalu dirimu dalam keadaan sehat fisik dan mental, sehingga sewaktu-waktu diperlukan kamu dalam keadaan siap. Kata Kakek, bersiaplah sebelum dibutuhkan.”
Ternyata bukan hobi silat saja yang diteruskan Pangeran Edward ketika di Yogya, hobi membaca komik pun terus berjalan. Komik karya Ganesh TH, Wid NS, Hasmi, Asmaraman Kho Ping Ho, dan buku-buku fiksi sewaan lain habis dilalapnya. Bahkan, ia sangat terkenal sebagai “kutu buku” di kamar kosnya. Selesai ujian semester, setumpuk buku disewa. Hari-harinya habis untuk “tekun membaca” (komik dan silat).
“Sampai-sampai, motor suka dibawa pinjam sama kawan seharian. Waktu dia pagi ambil motor, saya sudah baca, sore dia kembaliin motor saya masih baca. Lama-lama, motor jadi dilanggan pinjam. Mereka tahu diri juga sih, sering saya dibawain nasi Padang supaya tidak lupa makan siang, atau mereka bisa dititipi untuk kembalikan buku ke persewaan dan nyewa yang lain lagi, waktu itu sewa buku kan masih murah,” kata Pangeran Edward mengenang.

6 komentar:

  1. saya r poerwanto katame teman lamamu meipit tebing baik waktu di yogya maupun di jakarta ancol dan cinere tapi sekarang jadi terputus karena susah dihubungi maka dalam kesempatan ini saya ingin membangun silaturahmi kembali ;oleh karena itu saya berharap besar paling tidak pada acara walimah anak saya mohammad halimaya besok bulan maret di bandung yang sedianya juga mau dihadiri sensei indra kartasasmita ; semoga tulisan ini bisa menyambung tali silatu rahim kembali amien '
    wassalam

    r poerwanto@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. MERUBAH NASIB DI DUNIA PESUGIHAN
      Brawal ush sana-sini cri pesugihan, namun hsl nol , htg bnyak & ke2cewaan bertubi2, trakhir sy akses ke daerah jateng , lebih parah lagi, biaya ritual sdh sy serahkan tapi sy malah duduk diam dan menunggu dirumah kosong ( tdk bernuasa mistis ) siang sy dtmpt tsb, tdk ada yg sy lakukan, hny tgg dan menunggu terus, smp pd akhirnya ada org yg ckp lumayan tua dtg dan menyapa, dan bilang pd sy besok pg sy harus segera kembali ( plg kerumah ) krn ghoib/ jin nya berpesan seperti itu, rasa curiga sy tepiskan dan sy sdkt bertanya kpd bpk tsb, sy tdk melakukan apa2 ( ritual ) tapi knp sy besok disuruh plg? Tapi ya sudahlah sy ikuti semua aturan mainnya, kata bapak tsb yg mengaku juru kunci, ghoibnya sdh menunggu dirumah dan menanti kehadiran sy, pesan si bapak sy smp dirumah wjb siapkan tmpat khusus, krn ghoib tsb ingin bertemu dan melakukan hub sex, krn yg sy tuju nikah jin, alhasil sdh 1 bln tdk kunjung smp ghoib/jin dpt temuin sy, akhirnya sy coba redakan untuk berkutet keinginan dunia pesugihan dlm kurun wktu 1 bln, sy cb cri info mgkin sj, ada ptjuk yg sy dptkan, sy buka INTERNET PASUGIHAN TAMPA TUMBAL MANUSIA dan sy temukan pesugihan 1jam cair, , sy hub no 082 369 439 555 atas nama KY ARIF kmdian sy coba plajari, dan krm pesan sesuai yg diperintahkan KY ARIF! 2 jam sy dpt respon, ada percakapan dan diskusi , pd akhirnya dng uang yg tersisa sy pilih pesuigihan qorin ( tuyul putih ), bentuk padat dari tuyul qorin sy dpt lht dng jlz, sy berinteraksi dng full, sepasang sosok yg sngt lucu dan sdkt menyeramkan, sy puas dan senang , krn dari org yg membantu sy , tuyul bru dpt difungsikan saat diri melihat ghoib scr nyata ( bukan lwt mimpi / bayangan ) besoknya tepat jam 7 pg sy bw kepasar ramai penjunjung dan penjual, 1 hari sy minta tuyul tsb berikan sy uang 5 jt s/d 10 jt, hal ini terus dan terus berjalan dng baik, smp pd akhirnya stlah pengeluaran usha cri info pesugihan yg slama ini sy bnyak htg sdh tertutupi sy memelihara tuyul krn sy ingin mendapatkan uang yg jmlahya cpt dan nilainya ratusan juta, untuk org yg senasib dng saya .igin merubah nasib seperti saya silahkan >>>>>KLIK DISINI PESUGIHAN TAMPA TUMBAL<<<<<
      Hub KY ARIF DI NO 082 369 439 555

      Hapus
    2. Assalamualaikum wr.wb,saya Pak Rudi ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH REDEN MALOMO atas bantuan MBAH.
      kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH RADEN MALOMO pula yang telah memberikan
      angka ritual kepada saya yaitu 4D dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya
      cuma bermodalkan uang cuma 100rb dan akhirnya saya menang. Berkat angka GAIB hasil ritual MBAH RADEN MALOMO saya sudah
      bisa melanjutkan kulia saya lagi dan kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg
      ingin seperti saya silahkan HUB MBAH di nomor hpnya: 0823-4873-0857 atau KLIK DISINI dan ramalan
      MBAH RADEN MALOMO memang memiliki ramalan GHOIB” yang dijamin 100% tembus.

      Hapus
  2. Keterpurukan hidup membuat saya melakoni pesugihan di PAK MANDALA,sebelumnya saya Mendapatkan no hp aki (082348985714) dari teman yang sudah sukses kaya, saran PAK MANDALA pesugihan yang cocok untuk saya adalah Bank GHAIB, di waktu itu tanpa banyak perhitungan saya ikuti petunjuk dari aki ,saya sudah sangat bingung dengan hutang yang beratus-ratus juta. Untung saja ada PAK MANDALA yang membantu melalui syareatnya. Saya serahkan umur 1 hari saya untuk ritual ini . pada malam pelaksanaan ritual saya merasa sesuatu yang sangat asing,. Karna merasa tak kuat kemudian saya coba melelapkan diri, entah sadar atau tidak saya melihat sosok makhluk tinggi besar yang memberikan saya kain hitam yang berisi uang 50-100rbuan yang sangat banyak setelah benar-benar sadar saya memeriksa kotak hitam yang telah saya persiapkan sebelumnya atas perintah PAK MANDALA ,dan dengan sangat terkejut saya melihat kotak tersebut penuh dengan uang 50-100ribuan sampai ratusan lembAr banyaknya , tanpa ada rekayasa saya membuat kesaksian ini karna semua ini benar-benar saya alami. SUMPAH DEMI ALLAH DAN ATS NAMA KELUARGA Saya ucapkan ribuan terimkasih kepada PAK MANDALA,saat ini hutang saya telah lunas dan saya tlah memiliki toko elektronik yang lumayan besar . sekali lagi saya ucapkan terimakasih yang sangat besar kepada PAK MANDALA dan keluarga.

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum.Wr.Wb.Perkenalkan nama Armi Sunariani dri kota Medan. Salam buat
    teman saudara di mana pun anda berada . Smoga apa yg saya
    sampaikan ini bsa bermamfaat buat saudara
    semuanya dan tujuan
    saya hanya ingin berbagi buat saudara semuanya….SAYA Sdh Hampir 8 Tahun bkerja sbgai (TKW) di
    MALAYSIA. Gaji Rp 3.500.000/bulan. Itupun jka lembur
    smaleman,gaji di naikkan. Tiap kli Sya tringat sma
    KELUARGA di Kampung. Mngkin KANGEN,krn sdh lma
    tdk ketemu. Sbgai Ank ke-1,Sya wajib mmbantu
    KELUARGA. Mka dri itu tiap bulan Mngirim : 1/2 Uang dr Gaji Bulanan yg Sya Trima. Smua ini ku lkukan sbgai
    Rasa Hormat,Tnggung Jwab,& sbgai Tlan Punggung
    KELUARGA. Bsa Memenuhi Kebutuhan Prekonomian
    KELUARGA tiap Bulannya. Agr bsa MENGURANGI BEBAN
    PIKIRAN,MASALAH srta DERITA yg slma ini KELUARGA
    Sya alami hingga kni. Alhamdulillah. #DOA .SAYA.SEKELUARGA.TERKABULKAN# Kmrin,sat Lembur
    tngah malm,ada satu Krabat/Tman TKW dtang &
    berbcra pnjng Lbar dgn Sya. Mngenai (SOLUSI) dri smua
    mslah yg Sya Sekeluarga alami. Dberiknlah Sya
    No.Ponsel : +6282319769444 AKI KARYA, Pda
    saat itu Sya lansung HUB/TELPON AKI KARYA. Sya Berbcara dgn AKI KARYA sngat Lama dan
    Membrithukn tntang smua PERMASALAHAN yg slma
    ini Sya SEKELUARGA Rasakan dan Mengalaminya.
    SYUKUR AKI KARYA Mengerti tntang apa yg
    Sya Rasakan SEKELUARGA. Dbrikanlah #SOLUSI/ JALAN# agar smuanya HILANG dr Kehidupan Sya
    SEKELUARGA & tdk akn trulan kmbli. Dlm Hati Sya
    brkta.#AMIN#.agar ini mnjdi KENYATAAN.''SUMPAH DEMI TUHAN'' Ini
    Bener2 TERBUKTI & MENJDI KENYATAAN di dlm Khdpan
    Sya. Awalx Sya tdk prcaya smua ini,tp KEYAKINAN
    Sya sngt meyakinkan ini psti,dan Sya Melaksanakn
    prosedurnya yg di
    Perintahkn AKI KARYA Dan akhirnya Sya sngat kaget dan tak bisa berkata-kata lgi,Melihat&Men
    dengar ini Benar2 TERJADI.. Apbila Krabat/Tman2 TKW
    Ingin Sperti Sya. Kmarin Menang
    Dpt : Rp250jt.
    Slhkn HUB/TELPON Lansung AKI KARYA di :
    +6282319769444 Dimna AKI KARYA Siap & Sanggup Membntu Kerabat/Tman2 TKW''JP'' hari ini.
    Sya SEKELUARGA sngat brsyukur skali,krn skarng
    HIDUP Sya sdh tdk MISKIN lgi. hingga saat ini Sya sdh
    Membuka USAHA bru & punya Tabungan Sndri di
    BANK,srta bsa membantu KELUARGA di Kampung. Ini
    smua yg Sya Proleh & Miliki Sndri,Berkat AKI KARYA Kerabat/Teman2 TKI/TKW..,yang ingin merubah
    nasib seperti saya silahkan tlpon, AKI KARYA di
    nomor. +6282319769444 beliau tidak menerima sms
    dan BUAT TKI/TKW YANG MAU PULANG
    KAMPUN untuk BERTEMU sama keluwarga ya, AKI KARYA MEMBUKA KESEMPATAN UNTUK JACPOT MALAYSIA-SINGAPURA-HONGKONG-THAILOTRY-LOTTO -TOTO-MAGNUM DLL MENYEDIAKAN
    MULAI DARI 3 ANGKA SAMPAI 6 ANGKA TERGANTUNG
    ANGKA YANG ANDA MINTA SAMA AKI KARYA .TERIMA
    KASIH WASALAM
    BLOG RESMI AKI KARYA >>> KLIK DI SINI ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ BOCORAN TOGEL JITU HARI INI ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ <<<

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum


    Calls Only::::{+12542276869}
    WhatsApp Only::::{+33753893351}
    Email:::::::{{aditya.aulia139@gmail.com}}
    {{iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}}

    Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan CREDIT UNION DAYA LESTARI via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    BalasHapus